perjalanan panjang untuk sebuah perjumpaan

hay..hay…nidya datang kembali…kali ini dah ga jadi bumil..dan alhamdulillah dah menjadi mimi🙂

mari bercerita tentang perjalanan panjang untuk berjumpa dengan anakku…🙂
cerita dimulai pada hari kamis 11 sept 08. hari itu adalah jadwal kontrol ke dokter fach, dr hari rabu malem aku dah ngerasain mules tp ga intens dan kamis pagi mules itu msh mendera. Nah waktu lg kontrol ku ceritakanlah semua pada dokter fach, “oke cek dalem” kata dokter fach. Do u know what the mean of cek dalem?duduk di kursi “ngangkang” trs tangannya dokter fach masuk ke mrs. v trs di utak atik..5 menit kemudian dokter fach bilang “o..dah bukaan 1”

hati terasa di tetesin embun..sejuk..akhirnya dede berhasil nemuin jalan lahirnya..
“terus gmn dok?”
“umh..masih lama sih..paling besok pagilah….tp kl nti malem mulai ngerasa mules yg udah 15 menit sekali dateng ke sini ajah ya, trs kl udah mulai keluar2 air dr vagina juga dateng ya.”
“kl ga ada tanda2 gmn dok?”
“bsk pagi dateng lg ya bu..”

guna menambah bukaan, pulang dr dokter aku dan abi sempet jalan2 dulu ke kalibata. Buka puasa di sana.
Malemnya…koq ga ada mules, aku malah dpt tidur dgn pules.

12 sept 08
jam 08.30 kita berangkat ke Rumah sakit, itupun masih nyari jalan terjauh untuk naek taksi, agar bukaanku bs nambah, di tengah jalan emang ngerasin mules2..tp berenti sebentar tarik napas..mules ilang.

jam 10.00 nyampe di rumah sakit, masuk ruang bersalin dgn ditangani dokter jaga. Di cek tensi…OK! dan di cek CTG (untuk menghitung frekunesi mules)..kata dokter..mulesnya daha bagus..20 menit dah 4 kali. Tapi aku ga ngerasain sakit yg luar biasa..semuanya masih dalam tahap penerimaanku, sempet mikir “hah?mules 20 menit 4 kali?mana?koq ga sakit??”. Trs di periksa dalem lagi,”kemaren bukaan brp bu?
“1”
“masih sama bu..”
what the….masih bukaan 1 juga, perasaan kmrn dah jalan2 ke kalibata trs jongkok berdiri..ga ngaruh gitu.
tp kata dokter jaga, dah harus masuk ruang perawatan krn kontraksinya dah teratur.
Ok…this’s the time…aku fikir. umh..paling bsk pagi dah lahiran.

Masuk ruang perawatan jam 11.30, di pompa anusnya agar kl nti mengejan untuk melahirkan aku ga pup. di ambil darahnya agar kl nanti melahirkan trs tb2 aku pendarahan hebat sdh ada sample darahnya. di ruang perawatan harus di cek dalem 4 jam sekali untuk mengetahui intensitas bukaan.

Tp kontraksi ga nambah, sampe sorepun aku masih bs jalan2 ke kantin, masih makan banyak, masih bs ketawa tiwi..kta ibu ” de..kayana km disuruh pulang lg deh..soalnya masih doyan makan”
“emang kl mo melahirkan ga doyan makan?”
“dah ga napsu..soalnya sakit”

jumat malem aku tidur dgn nyenyak lg……..

13 sept 08
dokter fach visit trs dalem
“bukaan brp dok?”..
“1 1/2” mukanya bingung
“hah?koq cuma nambah 1/2 yah dok dr kmrn padahal, trs gimana dok?”
“ibu pulang ajah…HPL 16 sept kan ya?kontrol 16 sept ya bu..”
“kl ampe 16 blm lahir2 gmn dok?”
“terpaksa induksi bu..”
“kenapa koq babyku ga ngajak2 keluar ya dok?
“gpp bu..semuanya baik2 aja”

ya..gagal melahirkan..akhirnya aku pulang lg ke rumah.

hari saptu dan minggu dan senin berjalan dgn seperti biasa, kontraksi menghilang namun si dede tetep bergerak aktif. Aku masih tetep berusaha untuk jalan agar si dede semakin kontraksi.

THE DATE COMING.. 16 sept..dan dede masih saja betah di dalam.
Kembali kontrol ke dokter. Periksa dalem lg dan masih tetep bukaan 1 1/2.
sempet panik…kenapa bukaannya ga nambah2 ya?
di kasih pilihan sama dokter mo induksi tgl 17 atau mo ditunggu sampai seminggu lg namun dengan resiko mungkin plasenta sudah tdk berfungsi secara maksimal.
OK..pilihan jatuh pada induksi tgl 17 sept.

…bersambung ya..si dede pipis nih..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s